11 Mei 2015

Makanan penyebab Insomnia

{ Tidak ada komentar }


Ada banyak jenis makanan yang direkomendasikan agar mampu meningkatkan kualitas tidur lebih baik, contoh jenis makanan yang dianjurkan antara lain: buah cherry, pisang, madu dan almond. Namun ternyata ada juga beberapa jenis makanan yang jika kita konsumsi malah akan membuat kita terjaga semalaman alias melek terus. 1001cara akan membeberkannya kepada anda.

Seperti dilansir Daily Health Post, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya jangan dikonsumsi saat menjelang tidur,


1. Alkohol
Alkohol memang bisa membuat orang tidur lebih cepat. Namun alkohol akan membuat kualitas tidur Anda memburuk dan terganggu. Banyak orang yang terbangun tengah malam dan mengalami insomnia karena terlalu banyak minum alkohol. Selain itu, alkohol tak hanya membuat Anda kehilangan tidur nyenyak dalam satu malam, tetapi juga membuat Anda insomnia bermalam-malam setelahnya.

2. Makanan pedas
Penelitian mengungkap bahwa mengonsumsi makanan pedas di malam hari akan membuat kualitas tidur memburuk. Jumlah jam tidur bagi mereka yang mengkonsumsi makanan pedas menjadi lebih singkat dan mereka sering terbangun di malam hari lantaran sakit perut atau merasa tidak nyaman dengan pencernaannya.

3. Makanan berlemak
Makanan berlemak akan membuat orang kesulitan tidur dan menyebabkan orang sering terbangun di malam hari, karena menurut penelitian terdapat kaitan antara siklus tidur dengan proses pengolahan makanan berlemak dalam tubuh.

4. Kopi
Bukan info baru kalau kopi yang mengandung kafein bisa membuat Anda insomnia dan terjaga lebih lama. Tak hanya itu, kafein di dalamnya juga membuat Anda sering terbangun di malam hari. Jika ingin tidur nyenyak, konsumsi minuman berkafein paling lambat enam jam sebelum tidur.

5. Cokelat hitam
Selain kafein, cokelat juga mengandung theobromine yang membuat orang insomnia atau sulit tidur. Theobromine juga bisa memicu detak jantung sehingga akan membuat Anda gelisah serta tak bisa tidur cepat. Hindari mengonsumsi cokelat lima jam sebelum tidur.

sumber : initv.net 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Penjumlahan dengan fungsi SUM( ) di Excel

  Untuk menjumlahkan angka-angka di kolom excel, kita dapat menggunakan salah satu Fungsi/Rumus yang sudah terkenal, yaitu Fungsi SUM(). ...